Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 17 November 2011

KEGIATAN POSYANTEK

Prinsip
 
Pengelolaan Posyantek dilaksanakan berdasarkan prinsip kerjasama, mempertimbangkan potensi sumber daya alam, berwawasan lingkungan, serta memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran serta masyarakat setempat terutama masyarakat di Kecamatan Gunung Talang.

Jenis Kegiatan
 
Dengan mengacu pada tugas Posyantek, maka kegiatan yang dapat dilakukan Posyantek meliputi inventarisasi TTG, pelayanan informasi TTG, kursus/pelatihan TTG, peragaan TTG, dan pengembangan TTG. Adapun rincian kegiatannya adalah sebagai berikut:

1. Inventarisasi TTG

Kegiatan ini bertujuan agar Posyantek memiliki data dan informasi TTG. TTG yang diinventarisasi adalah teknologi yang ada di lingkup Kecamatan maupun di luar kecamatan, yang meliputi bidang pertanian, industri, kesehatan, sipil bangunan, dan sebagainya.

2. Pelayanan informasi TTG

Pelayanan informasi TTG dilakukan melalui penyuluhan, pemberian informasi langsung kepada masyarakat yang datang ke Posyantek, leaflet, brosur, spanduk, iklan layanan masyarakat melalui radio, dan sejenisnya. Juga dapat disediakan informasi pasar TTG meliputi harga, dan hasil produk TTG yang diproduksi masyarakat. Layanan ini dapat dibuka setiap hari atau dijadwalkan secara teratur.

3. Kursus/pelatihan TTG

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam menggunakan dan mengembangkan TTG.
Materi, waktu, frekuensi dan peserta kursus/pelatihan didasarkan pada kebutuhan masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Talang. Kegiatan ini dijadwalkan secara teratur dengan memperhatikan kebutuhan teknologi oleh masyarakat.

4. Peragaan TTG

Keputusan untuk menggunakan suatu jenis TTG perlu adanya bukti dan atau fakta empirik. Oleh karena itu, dalam rangka mensosialiasikan suatu jenis TTG kepada masyarakat diperlukan peragaan TTG. Peragaan TTG dapat dilakukan melalui:
  1. Pameran TTG di tingkat kecamatan pada kesempatan tertentu, seperti pada peringatan 17 Agustus, kebangkitan nasional, dan sejenisnya;
  2. Demonstrasi penggunaan TTG di beberapa Nagari di Kec. Gunung Talang
 Dalam rangka peragaan TTG, Posyantek dapat bekerjasama dengan pihak pembuat/pencipta TTG.

5. Pengembangan TTG

Kegiatan ini dilakukan melalui kajian dan uji coba TTG, yang dapat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan swasta, lembaga penelitian, bengkel, dan sejenisnya. Dalam rangka mendorong karsa dan cipta masyarakat dalam pengembangan TTG, Posyantek dapat menyelenggarakan lomba cipta TTG.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar